Senin, 31 Oktober 2011

Bupati Simon Petrus Tutup BKSN 2011


Bupati Sekadau Simon Petrus, S.Sos, M.Si didampingi wakil bupati sekadau Rupinus, SH, M.Si dan  ketua DPRD Kabupaten Sekadau Aloysius, SH, M.Si menutup secara resmi rangkaian kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2011 di halaman lapangan sepak bola SMPK Sabtu malam (1/10). 
 
Hadir dalam kegiatan penutupan BKSN tersebut Ketua TP PKK Kabupaten  Sekadau Ny. Scolastika Simon Petrus, Wakil Ketua PKK Kabupaten Sekadau Yanti Aloysius, Ketua Dewan Pastoral Paroki Paluis Lion, Ketua WKRI Cabang Sekadau Ny. Oyah, para pastor paroki sedekenat paroki salib suci sekadau dan pengurus DPP dan tamu undangan.
Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati serta ketua DPRD Sekadau disambut langsung oleh pastor ketua dekenat salib suci sekadau keuskupan sanggau Pastor Kristianus, CP yang juga pastor kepala paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau.
Ribuan umat dari berbagai paroki sedekat salib suci sekadau berduyun-duyun memadati lapangan bola SMPK Santoi gabriel guna menikmati berbagai hiburan dan acara serimonial yang ditutup langsung oleh orang nomor satu di bumi lawang kuari ini.
Dalam sambutannya Ketua Panitia BKSN A.L Anwar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh umat dan perwakilan tujuh paroki yang tergabung dalam dekenat salib suci atas keikutsertaanya dalam berbagai perlombaan dan permainan selama pelaksanaan BKSN.
Lebih jauh di katakan Anwar, tujuh paroki yang ikut ambil bagian dalam BKSN ini antara lain, paroki Sekadau, paroki Rawak, Paroki Nanga Taman, Paroki Nanga Mahap, paroki Monumental, Paroki Sungai Ayak dan Paroki Belitang Hulu.
Sementara itu Pastor Kristaianus, CP mengatakan dalam tradisi gereja Katholik, bahwa setiap bulan September dirayakan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional.  Dengan tradisi ini lanjut pastor kris, diharapkan umat bisa lebih mendalami isi kitab suci sebagai tuntunan umat beriman dalam menjalani kehidupan ini.
“Kita berharap bagaimana Kitab Suci itu hidup dalam diri kita sejak dini, dan kita berharap setiap keluarga mempunyai satu kitab suci di rumahnya. Dengan demikian, umat dapat membacanya sendiri untuk memperdalam iman kepercayaannya sendiri kepada Allah,” ujar Pastor Kris.
Pastor kris juga menyampaiakan ucapan terima kasih kepada pemerintah kabupaten sekadau yang telah mendukung terlaksananya BKSN, kepada pihak kepolisian, perwakilan paroki dan seluruh umat yang sudah terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan BKSN tahun ini. Pastor juga menjelaskan adapun tema bulan kitab suci nasinal tahun 2011 adalah mendengarkan tuhan  bercerita.
Dijelaskan mantan pastor paroki Nanga Mahap ini tema mendengarkan Tuhan Bercerita ini menawarkan empat perumpamaan yaitu antara lain perumpamaan tentang orang Samaria yang baik hati,  perumpamaan tentang anak yang hilang, perumpamaan tentang lalang di antara gandum, dan perumpamaan tentang pengampunan.
“Marilah kita belajar mencintai Tuhan dan sesama dengan membaca, merenungkan, menikmati dan menikmati sabda-Nya supaya kita mampu bersatu dalam kasih-Nya dan berbahagia karena kuasa rahmat-Nya,” ajak pastor Kris.
Sementara itu Bupati Sekadau Simon Petrus, mengatakan BKSN yang dilaksanakan setiap bulan September setiap tahunnya merupakan momen yang tepat untuk menghayati dan mendekatkan diri dengan kitab suci yang merupakan pedoman  hidup. “Kitab suci merupakan kebutuhan bagi umat untuk mendekatkan diri dengan tuhan. Itulah pedoman yang paling baik dalam membina iman kita,” uangkap bupati Sekadau.
Bupati menilai pelaksanaan BKSN tahun 2011 ini berjalan sukses. Orang nomor satu di bumi lawang kuari ini berharap kedepan supaya ditingkan lebih baik lagi. Keikut sertaan tujug paroki yang tergabung dalam dekenat salib suci menambah semarak pelaksanaann BKSN yang bertujuan untuk meningkatkan iman umat ini.
“Pemerintah kabupaten sekadau mendukung dan memberikan apresiasi kepada para pastor paroki serta umat yang sudah terlibat dalam kegiatan BKSN. Tahun depan kita berharap supaya ditingkatkan lagi,” ungkap Bupati.
Usai memberikan sambutan bupati didaulatkan memukul gong sebanyak tujuh kali tanda berakhirya rangkaian kegiatan BKN 2011. Acara lain bupati dan wakil bupati memberikan hadiah kepada para pemenang BKSN. Selanjutnya dilanjutkan dengan hiburan.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More